Selasa, 16 Januari 2018

5 Tempat Wisata Alam di Jawa Barat Yang Memukau

  Kita yang bermukim di Jawa Barat boleh berbangga hati karena bumi Jawa Barat ini memiliki alam yang indah. Belakangan ini, para penjelajah berhasil mengeksplorasi keindahan alam Jawa Barat dan bermunculanlah tempat-tempat wisata baru di Jawa Barat. Buat Anda yang memiliki jiwa petualang atau mereka yang bosan liburan ke tempat yang itu-itu melulu, deretan tempat wisata alam di Jawa Barat yang berikut ini dapat menjadi opsi liburan yang menarik bagi Anda:


1.    Pantai Ujung  Genteng

Pantai Ujung Genteng
Wisata alam di Jawa Barat lebih dikenal dengan wisata pegunungan. Padahal, Jawa Barat juga memiliki pantai-pantai yang indah memukau. Salah satunya adalah Pantai Ujung Genteng. Pantai Ujung Genteng ini berlokasi di Sukabumi Selatan, Jawa Barat. Dari Kota Sukabumi, kita hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 3-4 jam untuk mencapai Pantai Ujung Genteng ini.  Pantai Ujung Genteng ini memiliki pemandangan yang indah dengan pantai berpasir putih dan berbatu karang.  Ombaknya tidak terlalu besar dan bibir pantainya berkarakteristik landai sehingga cukup aman untuk berenang di pantai ini. Pantai Ujung Genteng ini juga menjadi tempat penyu bertelur. Fasilitas di Pantai Ujung Genteng ini juga sudah cukup lengkap. Sudah ada toilet, kamar mandi, tempat parkir, dan warung-warung makan. 

2.    Telaga Remis

Telaga Remis
Sudah pernah mendengar tentang Telaga Remis? Wisata alam di Jawa Barat yang satu ini terletak di kaki Gunung Ciremai, di Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan. Lokasinya kira-kira 37km dari pusat kota Kuningan.  Remis ini adalah sejenis kerang berwarna kuning yang banyak hidup di sekitar telaga tersebut. Di Telaga Remis ini, Anda dapat menikmati hawa yang sejuk dan juga menikmati pemandangan telaga yang airnya sangat jernih dengan latar pegunungan. Di Telaga Remis, Anda dapat berkeliling danau dengan menggunakan perahu motor atau bermain sepeda air. Anda juga dapat duduk-duduk santai di saung-saung yang tersedia. 

3.    Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut
Tempat wisata alam di Jawa Barat ini cukup ngehits sejak tahun 2015 lalu. Sanghyang Heuleut ini adalah sebuah danau cantik yang tersembunyi di antara bebatuan di balik sebuah bukit. Sanghyang artinya adalah “tempat suci” dan Heuleut artinya “selang antara dua waktu”. Masyarakat setempat percaya bahwa Sanghyang Heuleut ini adalah tempat bidadari mandi. Konon, Sanghyang Heuleut ini juga menjadi tempat Dayang Sumbi mandi dan mencuci pakaiannya. Karena itulah, masyarakat setempat mengkeramatkan danau ini. Akses untuk menuju Sanghyang Heuleut ini juga cukup sukar. Anda harus trekking sejauh kira-kira 5 km ke arah hutan dari pintu gerbang PLTA. Namun, perjuangan Anda akan sebanding dengan keindahan yang bakal Anda nikmati di Danau Sanghyang Heuleut ini. 

4.    Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh
Geopark Ciletuh ini adalah salah satu wisata alam di Jawa Barat yang sangat keren! Geopark Ciletuh ini adalah taman batuan alam tua yang berada di Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat. Di sini, kita dapat menikmati pemandangan memukau hamparan batu karang laut dan beberapa air terjun pegunungan yang cantik. Idealnya, Anda akan membutuhkan waktu 3-4 hari untuk mengunjungi sebagian besar wisata alam yang ada di Geopark Ciletuh ini. Jika tak memiliki banyak waktu, Anda bisa mengambil paket wisata Geopark Ciletuh. Salah satu paket wisata yang ditawarkan adalah berkeliling Geopark Ciletuh dengan menggunakan four wheel drive. Anda juga bisa menginap di rumah penduduk dan berkeliling daerah pedesaan. Adapun Geopark Ciletuh ini sudah resmi dikukuhkan sebagai Geopark nasional pada pertengahan Juli 2015.

5.    Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha (piknikasik.com)
Pantai Puncak Guha terletak di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Pantai Puncak Guha ini belakangan sedang nge-trend di Garut. Pantai Puncak Puha ini adalah perpaduan keindahan dari lautan luas dengan ombak yang tak terlalu kencang, angin laut yang berhembus kencang, dengan pesisir pantai nan eksotis dan tebing yang curam. Keunikan dari Pantai Puncak Guha ini adalah keberadaan sebuah gua di tebing. Gua ini cukup dalam dan dihuni ratusan kelelawar. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Puncak Guha ini, siapkanlah perbekalan makan dan minum karena di sini belum banyak ditemukan pedagang. Penginapan terdekat pun baru dapat dijumpai di Pantai Rancabuaya yang berjarak sekitar 2 km dari Pantai Puncak Guha.
 sumber:http://www.klikhotel.com/blog/10-tempat-wisata-alam-di-jawa-barat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar